KEMBALI KRI JOHN LIE - 358 TANGKAP KAPAL IKAN ASING DI LAUT NATUNA UTARA

KepriNews.com-Natuna,Baru beberapa hari yang lalu KRI JOL- 358 menyerahkan 2 buah Kapal Ikan Asing (KIA) ke Pangkalan TNI AL Ranai,kembali lagi KRI JOL- 358 menyerahkan Barbuk 1 buah KIA berbendera Vietnam yang dilakukan di atas gladak buritan  KRI JOL- 358 di dermaga Posal Sabang Mawang, penyerahakan Barbuk dilaksanakan dari Pjs. Kadep Ops. KRI JOL-358 Kapten Laut (P) Yosua Sabar P., kepada Pgs. Pasops Lanal Ranai Kapten Laut (P) Abdurrahman Santoso, S. ST,.Han., Jum'at (09 Oktober 2020).


 

KIA Vietnam BD 93656 TS yang diserahkan KRI JOL-358 dengan ABK 6 orang (termasuk Nahkoda), disaksikan Komandan KRI JOL - 358 Kolonel Laut (P) Bagus Badari Amarullah, S.E., M.M., dan Palaksa Lanal Ranai Letkol Laut (KH) Kadek Ary Pambudi,  S.H. serta tertuang dalam Berita Acara Penyerahan Berkas Perkara Tersangka dan Barang Bukti Nomor B/28/X/2020.


Menurut Komandan KRI JOL - 358, KRI JOL-358 melaksanakan Jarkaplid terhadap KIA Vietnam BD 93656 TS pada posisi sekitar 100 NM arah Barat Laut dari Pulau Laut hari Kamis tanggal 08 Oktober 2020, KIA Vietnam BD 93656 TS diduga telah melakukan penangkapan ikan di WPPNRI ZEEI Laut Natuna Utara.



Setelah diadakan pemeriksaan awal, Nahkoda tidak dapat menunjukan surat ijin penangkapan ikan (SIPI) di wilayah Republik Indonesia, hal ini melanggar UU 27 ayat 2JO, pasal 93 ayat 2 UU no. 45 tahun 2009 perubahan atas UU no. 31 tahun 2004 serta Nahkoda tidak dapat menunjukan surat ijin usaha perikanan (SIUP), hal ini melanggar pasal 26 ayat 1JO, pasal 92 UU no. 45 tahun 2009 perubahan atas UU no. 31 tahun 2004 tentang perikanan. Kemudian Komandan KRI membawa KIA tersebut ke Pangkalan TNI AL terdekat (Posal Sabang Mawang), guna diadakan proses hukum lebih lanjut.


Ssbelum menerima KIA dari KRI JOL - 358, Lanal Ranai tetap mengikuti prosedur kesehatan Covid-19, dengan menyemprotkan cairan disinfektan secara hati - hati ke tubuh ABK KIA dan barang bawaan serta isi perlengkapan kapal. Rata-rata suhu tubuh ABK KIA Vietnam BD 93656 TS adalah 35° Celcius s.d. 36° Celcius. 


Komandan Lanal Ranai selalu menekankan kepada Tim Penerima Barbuk, agar selalu menjaga prosedur kesehatan Covid-19 selama masa Pandemi ini,

"Pemeriksaan kesehatan awal terhadap ABK KIA sudah kita lakukan di atas dermaga Posal Sabang Mawang, selanjutnya kita periksa ulang setibanya di rumah detensi Mako Lanal Ranai dengan menyertakan Tim Kesehatan Covid-19 dari Puskesmas Ranai" ujar Danlanal Ranai.(ilham)


Editor:red

Subscribe to receive free email updates:

DUKUNGAN TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari semua perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan mendapatkan sambutan yang luar biasa dan dukungan yang spontan dari segenap penjuru tanah air. Dinding-dinding rumah dan bangunan, pagar-pagar tembok, gerbong-gerbong kereta api, dan apa saja, penuh dengan tulisan merah “MERDEKA ATAU MATI.” Juga tulisan “SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.” Maklumat Pemerintah tanggal 31 Agustus 1945 telah menetapkan Pekik Perjuangan “MERDEKA”sebagai salam nasional yang berlaku mulai tanggal 1 September 1945. Caranya dengan mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka, dan bersamaan dengan itu memekikkan “Merdeka”. Pekik “Merdeka” menggema di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.KEPRINEWS.COM-MEDIA AKTUAL DAN TERPERCAYA