Redaksi Dan Pemasaran No Hp. 0813-6402-3369 Keprinews.com--Lengkap & Aktual

Peran Pendidik Dalam Menghasilkan Generasi Bangsa

Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidkan  Prodi Bahasa Inggris Universitas Maritim Raja Ali Haji

Penulis:Joe Eka Putra 

Pendidik nama itu sudah tidak lazim lagi kita dengar, pendidik atau juga disebut sebagai Guru, Dosen, Pamong pelajar dan sebutan lainnya adalah suatu tenaga kerja yang sangat mulia, karena tugas mereka yaitu mengajar, mendidik, memimpin dan membimbing peserta didik. Tugas pendidik bukan hanya itu saja, melainkan tugas pendidik yang terpenting yaitu pendidik harus bisa membentuk karakteristik peserta didik digenarasi berikutnya menjadi lebih bermoral.

Dengan adanya pendidik selain tugas orang tua dalam membentuk karakteristik peserta didik, pendidik juga sangat berperan. Pendidik bisa membentuk karakteristik peserta pada saat dalam proses pendidikan berlangsung atau pun di sekolah, kampus dan tempat bimbel sekali pun. Intinya pendidik juga bisa meringankan beban orang tua peserta didik dalam membentuk karakteristik peserta didik pada generasi berikutnya.

Selain orang tua peran pendidik sangat penting dalam pembentukan karakteristik peserta didik, tugas pendidk bukan hanya mengajar satu atau dua saja peserta didik melainkan ratusan dan ribuan peserta didik.

Pendidik sangat lah penting pada masa dulu, sekarang, dan yang akan datang. Tanpa adanya pendidik, mungkin tidak ada orang-orang hebat ataupun ilmuan pada saat ini. Dengan adanya pendidik maka kita sudah bisa merasakan nimatnya zaman sekarang, yang seperti kita rasakan pada saat ini.

Pendidik juga bisa membantu merubah pola pikir peserta didik menjadi yang terarah, dan dengan perubahan pola pikir peserta didik, peserta didik juga bisa melakukan penemuan-penemuan yang bermanfaat, dengan adanya pendidik selain professor peserta didik juga bisa menghasil suatu penemuan yang sangat bermanfaat dimasa sekarang.

Contohnya seperti penemuan bahan bakar kendaraan yang dihasilkan oleh dua anak lulusan SMK, Yang dulunya menggunakan bahan bakar minyak sekarang sudah bisa dimudahkan dengan cara menggunkan bahan bakar air kelapa yang dimodifikasinya. Karena pada zaman sekarang bahan bakar miyak sudah sangat langka untuk didapatkan, dengan adanya penemuan ini akan membantu  kelangkaan bahan bakar minyak yang telah terjadi pada saat ini.

Peran pendidk sangatlah penting untuk menghasilkan peserta didik yang bermutu berjiwa moral, dan yang terpenting pendidik juga berperan dalam pembentukan karakteristik peserta didik pada generasi berikutnya. Dalam mengajar, mendidik, memimpin, dan membimbing pendidik harus memiliki kesabaran yang luar biasa terutama pada anak-anak SD (sekolah dasar) pada anak sd seorang pendidik harus mampu membuat peserta didik bisa terfokus dengan apa yang ia lakukan dalam proses belajar.

Karena pada masa usia dini anak-anak tidak terlalu terfokus kepada pelajaran yang diberikan melainkan bermain. Bukan hanya di jenjang SD, melainkan dijenjang SMP, SMA pendidik juga harus bisa menahan emosi karena pada saat mengajar dijenjang SMP,SMA siswanya melebihi hal-hal yang dilakukan oleh anak SD.

Dan saya berharap kepada pemerintah mengenai pendidik/guru yang masih honorer mohon untuk dipertimbangkan melalui, gaji yang ia terima karena pendidik/guru yang honorer juga merupakan salah satu pendidik yang bisa membentuk karakteristik peserta didik untuk menjadi seseorang yang bermanfaat untuk penerus bangsa berikutnya. Karena pendidik/guru honorer bukan hanya menghabiskan pemikiran, tenaga melainkan pendidik/guru honorer juga menghabiskan waktu yang sama seperti pendidik / guru pns.

Pendidik merupakan suatu perubah, pembentuk, dan penghasil suatu peserta didik yang bermoral, berbudi pekerti, mulia dan yang terpenting sebagai pembentuk karakteristik peserta didik untuk generasi berikutnya.

Negara sangat membutuhkan pendidik tapi mengenai pendidik/guru honorer saya berharap kepada pemerintah untuk dapat mempertimbangkan gaji ataupun upah yang diterima oleh pendidik/guru honorer
Terimakasih!!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Pendidik Dalam Menghasilkan Generasi Bangsa"

Post a Comment

DUKUNGAN TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari semua perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan mendapatkan sambutan yang luar biasa dan dukungan yang spontan dari segenap penjuru tanah air. Dinding-dinding rumah dan bangunan, pagar-pagar tembok, gerbong-gerbong kereta api, dan apa saja, penuh dengan tulisan merah “MERDEKA ATAU MATI.” Juga tulisan “SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.” Maklumat Pemerintah tanggal 31 Agustus 1945 telah menetapkan Pekik Perjuangan “MERDEKA”sebagai salam nasional yang berlaku mulai tanggal 1 September 1945. Caranya dengan mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka, dan bersamaan dengan itu memekikkan “Merdeka”. Pekik “Merdeka” menggema di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.KEPRINEWS.COM-MEDIA AKTUAL DAN TERPERCAYA