Redaksi Dan Pemasaran No Hp. 0813-6402-3369 Keprinews.com--Lengkap & Aktual

Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Kurangi Resiko Kanker Hati

Kepri News, Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Kurangi Resiko Kanker Hati - Sebuah studi baru menemukan bahwa orang yang minum tiga cangkir atau lebih kopi dalam sehari, terlepas dari kandungan kafein, memiliki tingkat lebih rendah dari enzim hati abnormal yang merupakan tanda sel-sel hati yang rusak.

Layaknya kafein dalam jumlah besar yang dapat merusak kesehatan, para ilmuan mengatakan bahwa kopi tanpa kafein justru baik untuk kesehatan. Mereka yakin kopi mengandung senyawa kimia selain kafein yang dapat melindungi hati. Itulah sebabnya mengapa kopi tanpa kefein memiliki kualitas sebagai pelindung liver.

Pada studi sebelumnya telah dikatakan bahwa mengkonsumsi kopi dapat membantu menurunkan resiko terkena diabetes, stroke, penyakit hati dan sirosis (parut pada hati akibat kerusakan hati jangka panjang). Tetapi penelitian lain mengaitkan bahwa mengkonsumsi kafein yang tinggi dapat menghilangkan memori/daya ingat dan memperparah tingkat penyakit jantung dan kanker.
Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Kurangi Resiko Kanker Hati
Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Kurangi Resiko Kanker Hati

Melalui penelitian terhadap 27,793 peserta berusia 20 tahun ke atas mencatat bahwa, peserta yang meminum 3 cangkir atau lebih kopi per-hari memiliki tingkat enzim hati yang lebih rendah, diantaranya enzim ALT (Alanine Aminotransferase), AST (Aspartate Aminotransferase), ALP (Alkaline Phosphatase) dan GGT (Gamma Glutamyl Transaminase), dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi kopi. Tentunya, kopi yang dikonsumsi hanya kopi tanpa kafein.

“Temuan kami berhubungan total dan kopi tanpa asupan kafein mampu menurunkan tingkat enzim hati. Data ini menunjukkan bahwa bahan-bahan yang terkandung di dalam kopi, selain kafein, dapat meningkatkan kesehatan hati. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi komponen-komponen ini”, kata Dr Qian Xiao dari National Cancer Institute di Bethesda, Maryland.

Penemuan ini pun telah dipublikasikan di jurnal Hepatology, sebuah jurnal Asosiasi Amerika untuk Studi Penyakit Hati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Kurangi Resiko Kanker Hati"

Post a Comment

DUKUNGAN TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari semua perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan mendapatkan sambutan yang luar biasa dan dukungan yang spontan dari segenap penjuru tanah air. Dinding-dinding rumah dan bangunan, pagar-pagar tembok, gerbong-gerbong kereta api, dan apa saja, penuh dengan tulisan merah “MERDEKA ATAU MATI.” Juga tulisan “SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.” Maklumat Pemerintah tanggal 31 Agustus 1945 telah menetapkan Pekik Perjuangan “MERDEKA”sebagai salam nasional yang berlaku mulai tanggal 1 September 1945. Caranya dengan mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka, dan bersamaan dengan itu memekikkan “Merdeka”. Pekik “Merdeka” menggema di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.KEPRINEWS.COM-MEDIA AKTUAL DAN TERPERCAYA