Dr.Richard H Pasaribu, Anggota DPD RI Menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Keprinews.com, Lingga --Bertempat di One Hotel Dabo Singkep , Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau Anggota DPD RI (Dewan Pimpinan Daerah ) Republik Indonesia, Dr . Ricard H Pasaribu menggelar acara "SOSIALISASI 4 PILAR KEBANGSAAN",pada Sabtu malam (24/09/2022) sekira pukul 08.00 wib.

Foto : Dr. Richard H Pasaribu , Anggota DPD RI Pada Saat Menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. (Dok Awalludin)

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tersebut di sampaikan lansung oleh Dr. Ricard H Pasaribu , yang di hadiri, para tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda dari berbagai kecamatan yang berada di wilayah Dabo Singkep.

Adapun tujuan dari Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut untuk memberikan pembelajaran agar lebih mengenal apa itu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI , guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berkehidupan berbangsa dan bernegara yang merupakan nilai-nilai yang sejalan dengan Empat Pilar Kebangsaan bersama masyarakat, khususnya di Kabupaten lingga.



Anggota DPD RI gelar Sosialisasi Empat pilar Kebangsaan di wilayah dabo Singkep

"Isi dari Empat Pilar Kebangsaan adalah Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang–undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia." Jelasnya.

Pancasila juga sebagai Ideologi Negara, seperti yang kita tahu Pancasila sendiri berasal dari dua kata Sansekerta, yakni Panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asa.Kelima prinsip tersebut juga tercantum dalam paragraf Ke-4 Pembukaan Undang–undang Dasar (UUD) 1945.

"Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam-ragam yang mempunyai keanekaragaman keanekaragaman budaya ras suku dan bangsa. Dasar ideologi dan juga fundamen filsafat pikiran dan juga pandangan hidup pemersatu bangsa," tutup Dr. Ricard H Pasaribu.




Awalludin

Subscribe to receive free email updates:

DUKUNGAN TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari semua perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan mendapatkan sambutan yang luar biasa dan dukungan yang spontan dari segenap penjuru tanah air. Dinding-dinding rumah dan bangunan, pagar-pagar tembok, gerbong-gerbong kereta api, dan apa saja, penuh dengan tulisan merah “MERDEKA ATAU MATI.” Juga tulisan “SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.” Maklumat Pemerintah tanggal 31 Agustus 1945 telah menetapkan Pekik Perjuangan “MERDEKA”sebagai salam nasional yang berlaku mulai tanggal 1 September 1945. Caranya dengan mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka, dan bersamaan dengan itu memekikkan “Merdeka”. Pekik “Merdeka” menggema di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.KEPRINEWS.COM-MEDIA AKTUAL DAN TERPERCAYA