Inspektorat Lingga Berikan Apresiasi BPD Sungai Buluh Atas Pencapaian Kinerja Tahun 2020

acara laporan kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sungai Buluh(foto:ist)
Keprinews.com ,Lingga - Dalam acara laporan kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sungai Buluh, kecamatan singkep barat Inspektur Inspektorat Kabupaten Lingga berikan apresiasi atas kinerja yang telah dicapai pada anggaran tahun 2020.

Hal tersebut terlihat dari pemaparan laporan kinerja BPD Sungai Buluh, di Gedung Serba Guna Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Rabu (07/04/2021).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), OPD Kecamatan Singkep Barat, beberapa BPD Desa lain, Kepala Desa Sungai Buluh, Kepala Dusun, beserta RT/RW, serta undangan yang hadir.

Ketua BPD Sungai Buluh, Muhammad Ali Hanafi menjelaskan, bahwa laporan kinerja BPD Sungai Buluh pada 2020 ini merupakan laporan yang ketiga kali.

Hanafi menjelaskan, untuk anggaran 2020, pihaknya tetap mengerjakan apa yang sudah menjadi topoksi, yaitu dalam menampung segala aspirasi masyarakat, yang telah dilakukan secara maksimal dari kelembagaan desa, mulai dusun I, II dan dusun III.

"Untuk rancangan-rancangan peraturan desa, kami sudah membahas dan menyepakati ada 13 rancangan peraturan desa pada Januari hingga Desember 2020," kata Hanafi.

Hanafi lalu menjelaskan, dalam pengawasan pihaknya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan-pelaksanaan kegiatan pembangunan dalam beberapa kali.

"Untuk evaluasi laporan pertanggungjawaban Kepala desa, kami lakukan evaluasi secara profesional dan secara objektif. Kita tidak merekayasa laporan yang kita buat, laporan itu sesuai fakta di lapangan," jelasnya.

"Alhamdulillah, masyarakat sampai saat ini masyarakat merasa puas dari pelayanan baik dari pemerintah desa, maupun kepada BPD," sambungnya.

Pihaknya juga beberapa kali telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa desa di Kecamatan Lingga Utara, dalam rangka berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk menjalankan tugas dengan baik.

"Jika laporan ini belum maksimal, jadi kami mohon tunjuk ajar dari dinas-dinas terkait, supaya kedepannya akan semakin bagus dan semakin baik," tutur Hanafi.

BPD Sungai Buluh juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada lembaga PAUD Kelompok bermain Permata Bunda Desa Sungai, karena aktivitasnya yang sangat rutin dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Lembaga PAUD ini mereka rajin, tertib, dan disiplin dalam menyampaikan laporan kegiatan bulan. Apresiasi ini sebagai bentuk motivasi kepada PAUD ini sendiri, yang telah bermanfaat untuk masyarakat dan pemerintah desa sendiri," ucap Hanafi.

Menanggapi laporan BPD, Inspektur Inspektorat Kabupaten Lingga, Said Sudradjad memberikan apresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh BPD.

Ditambah lagi, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Usaha Bersama Sungai Buluh meraih ranking pertama BUMDes terbaik se-Provinsi Kepri tahun 2020.

"Banyak saya lihat prestasi prestasi yang ada di Desa Sungai Buluh ini. Apalagi, laporan yang diselesaikan BPD Sungai Buluh ini merupakan yang ketiga kali dan memang bukan hal yang mudah," kata Said Sudradjad kepada.

Selain itu, Desa Sungai Buluh juga memiliki berbagai sektor yang aktif, baik itu wisata, pertanian, pertenakan, perikanan, maupun kegiatan aktif dari Sanggar Seni Diram Perkase.



(Awalludin))

Subscribe to receive free email updates:

DUKUNGAN TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari semua perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan mendapatkan sambutan yang luar biasa dan dukungan yang spontan dari segenap penjuru tanah air. Dinding-dinding rumah dan bangunan, pagar-pagar tembok, gerbong-gerbong kereta api, dan apa saja, penuh dengan tulisan merah “MERDEKA ATAU MATI.” Juga tulisan “SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.” Maklumat Pemerintah tanggal 31 Agustus 1945 telah menetapkan Pekik Perjuangan “MERDEKA”sebagai salam nasional yang berlaku mulai tanggal 1 September 1945. Caranya dengan mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka, dan bersamaan dengan itu memekikkan “Merdeka”. Pekik “Merdeka” menggema di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.KEPRINEWS.COM-MEDIA AKTUAL DAN TERPERCAYA