Dinas P3AP2KB Natuna Nyatakan Program BKKBN Pendataan Keluarga 2021 Berlangsung 5 Tahun Sekali

(Foto:ist)
Keprinews.com.Natuna-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar program Pendataan Keluarga 2021 selama 2 bulan ke depan,pendataan Keluarga 2021 (PK21) yang dilaksanakan secara Nasional mulai dari Kamis, 1 April -31 Mei 2021.

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Natuna, melalui Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Natuna Fachry Husain,menyampaikan untuk kegiatan Pendataan Keluarga 2021 adalah kegiatan untuk pengumpulan data-data pembangunan keluarga, kependudukan, keluarga berencana, dan anggota keluarga. Pendataan ini dilakukan BKKBN bersama dengan tenaga dari masyarakat secara serentak setiap 5 tahun sekali melalui kunjungan dari rumah ke rumah.Selasa 13 April 2021.

Pendataan Keluarga 2021 dijalankan dengan metode sensus dalam praktiknya, setiap petugas mendatangi rumah ke rumah, milik para keluarga di seluruh Indonesia, proses pengumpulan data dilakukan menggunakan formulir F/I/PK/21 dan formulir F/I/PK/21-S.

Data yang sudah terkumpul kemudian akan diolah di tingkat kecamatan, dengan memanfaatkan Balai Penyuluhan,"Papar Fachry Husain. 

"Tujuan dari pelaksanaan program Pendataan Keluarga 2021, sebagai bentuk tersusunnya data basis keluarga yang terdiri dari data kependudukan, data keluarga berencana, dan data pembangunan keluarga. Stunting merupakan data yang dapat dijadikan acuan sebagai evaluasi keberhasilan program Bangga Kencana, sebagai dasar dari penyusunan dan kebijakan untuk program ke depannya, dan untuk Sasaran pendataan keluarga di Kabupaten Natuna sebanyak 22937 KK. 

Namun untuk pendataan keluarga dengan syarat: 1.Keluarga telah tinggal di wilayah tersebut sekurang- kurangnya 6 bulan, jika kurang dari 6 bulan pastikan keluarga tersebut berencana menetap di wilayah tersebut sekurang-kurangnya 6 bulan, agar pendataan dapat selesai 100 % sesuai dengan target serta akurat,"diharapkan kerja sama dari seluruh masyarakat agar bersedia di data dan memberikan data yang jujur dan benar,"Ungkap Fachry Husain.(ilham)

Subscribe to receive free email updates:

DUKUNGAN TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari semua perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan mendapatkan sambutan yang luar biasa dan dukungan yang spontan dari segenap penjuru tanah air. Dinding-dinding rumah dan bangunan, pagar-pagar tembok, gerbong-gerbong kereta api, dan apa saja, penuh dengan tulisan merah “MERDEKA ATAU MATI.” Juga tulisan “SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.” Maklumat Pemerintah tanggal 31 Agustus 1945 telah menetapkan Pekik Perjuangan “MERDEKA”sebagai salam nasional yang berlaku mulai tanggal 1 September 1945. Caranya dengan mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka, dan bersamaan dengan itu memekikkan “Merdeka”. Pekik “Merdeka” menggema di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.KEPRINEWS.COM-MEDIA AKTUAL DAN TERPERCAYA