Ketua Gugus Covid-19 Lingga : Terkait Meninggalnya Pasien Rujuk ke RS. Budi Kemuliaan Batam

Keprinews.com, Lingga -- Seperti telah diberitakan, bahwa seorang pasien yang dirujuk ke RS. Budi Kemuliaan Batam, yang positif Covid-19 telah meninggal. Terkait hal itu, Ketua Gugus Covid-19 Lingga segera memberikan penjelasan. Melalui rilis Siaran Pers, Minggu (31/05/2020), Ketua Gugus Covid-19 Lingga menjelaskan bahwa pasien tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 berasal dari Kabupaten Lingga.

Riwayat kasusnya, bahwa pasien tersebut adalah, Tn. S (53), laki-laki, warga Jl. Bukit Abun RT. 002/RW. 002, Kelurahan Dabo Lama, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga. Pada Rabu (13/05/2020) berobat di Poli Penyakit Dalam RSUD Dabo dengan keluhan nyeri di perut. Kemudian pada Selasa (19/05/2020) pasien tersebut masuk di IGD RSUD Dabo dengan keluhan nyeri perut kanan atas, vital sign: KU (sakit sedang), Sens CM, TD : 160/70 mmHG, HB 9,5, Plt 35.000, Gol A+, Ureum 242, Creatini 72, Rontgen Thorax: dalam batas normal, lemah, sesak nafas tidak ada, demam tidak ada, batuk tidak ada, pilek tidak ada, riwayat perjalanan atau menetap di daerah transmisi lokal tidak ada, tidak ada riwayat kontak dengan pasien Covid-19.


Riwayat penyakit terdahulu Diabetes Mellitus Type 2. DPJP dr. Des Riyadi Anas, Sp.PD Pasien dirawat sejak Selasa (19/05/2020) sampai Rabu (27/05/2020) di RSUD Dabo dengan diagnosa Cholelitiasis + HDD + Syndrome Metabolic + Trombositopenia. Dilakukan pemeriksaan Rapid Test Pada Selasa (26/05/2020) malam. Hasil pemeriksaan Rapid Test: IgM dan IgG Non-Reaktif.

Pada Rabu (27/05/2020) pasien dirujuk ke RSBP Batam dengan menggunakan speedboat Dinas

PUPR Pemkab Lingga. Pasien didampingi oleh 1 orang petugas kesehatan dan 1 orang keluarga (istri). Pasien diberangkatkan dari RSUD Dabo pukul 07.00 WIB menuju Pelabuhan Jagoh. Lalu pada pukul 08.00 WIB pasien diberangkatkan dari Pelabuhan Jagoh menuju Batam. Tiba di Pelabuhan Cakang (Batam) Pukul 11.00 WIB. Pasien dijemput Ambulans RSBP Batam (Supir RSBP Batam) bersama petugas kesehatan RSUD Dabo dan keluarga. Pasien tiba di RSBP Batam pukul 12.30 WIB. Di RSBP Batam, terhadap pasien dilakukan pemeriksaan dan tindakan oleh Tim Dokter IGD RSBP Batam, kemudian dilakukan pemeriksaan Rapid Test dengan hasil Non-Reaktif, dan diperiksa ulang dan RO Thorax ulang yang hasilnya didapatkan Pneumonia maka ditegakkan PDP. Kemudian karena butuh Hemodialisa Cito dirujuklah ke RS Budi Kemuliaan Batam.


Pada hari yang sama, pasien dirujuk ke RS Budi Kemuliaan Batam dengan diagnosa CKD stg V pro H + Cholelitiasis + PDP Covid-19 untuk dilakukan tindakan Hemodialisa (Cuci Darah).

Dalam perawatan di RS Budi Kemuliaan pasien mengalami perburukan dan akhirnya meninggal dunia di RS Budi kemuliaan Batam.

Pasien meninggal pada Kamis (28/05/2020) Pukul 08.08 WIB di RS Budi Kemuliaan. Oleh karena didiagnosa terduga Covid-19 maka dilakukan pemulasaran dan pemakaman secara protokol Covid-19. Setelah pasien dinyatakan meninggal dunia, dilakukan pemeriksaan Swab (PCR) dengan hasil positif (Confirmed Covid-19) pada tanggal 30 Mei 2020.

Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Lingga akan melakukan penyelidikan Epidemiologi terkait kasus tersebut guna pencegahan penanganan Covid-19 di kabupaten Lingga. (Awalludin)

Subscribe to receive free email updates:

DUKUNGAN TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari semua perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan mendapatkan sambutan yang luar biasa dan dukungan yang spontan dari segenap penjuru tanah air. Dinding-dinding rumah dan bangunan, pagar-pagar tembok, gerbong-gerbong kereta api, dan apa saja, penuh dengan tulisan merah “MERDEKA ATAU MATI.” Juga tulisan “SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.” Maklumat Pemerintah tanggal 31 Agustus 1945 telah menetapkan Pekik Perjuangan “MERDEKA”sebagai salam nasional yang berlaku mulai tanggal 1 September 1945. Caranya dengan mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka, dan bersamaan dengan itu memekikkan “Merdeka”. Pekik “Merdeka” menggema di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.KEPRINEWS.COM-MEDIA AKTUAL DAN TERPERCAYA