Redaksi Dan Pemasaran No Hp. 0813-6402-3369 Keprinews.com--Lengkap & Aktual

Ukuran ID Card : 4 Standar dalam ISO dan Contoh Templatenya di Photoshop

Keprinews.com-Ukuran ID Card - Sebagai mahluk sosial, kita tidak bisa hidup soliter dan menyendiri. Kita membutuhkan manusia lainnya untuk dapat hidup melalui proses interaksi sosial yang kita lakukan sehari-hari. Dalam interaksi sosial tersebut, tidak saling mengenal adalah salah satu penghalang yang dapat membatasi pergaulan kita dengan orang lain. Penghalang ini kemudian dapat diatasi dengan lahirnya ID Card atau kartu identitas yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara 2 orang yang tidak saling kenal. Dalam perkembangannya sendiri, ID Card hadir dengan beragam ukuran, jenis, pilihan dan fungsinya. Berikut di artikel kali ini kita akan membahas tentang ukuran ID Cardtersebut lengkap dengan fungsi, jenis, dan cara membuatnya di photoshop.


Ukuran ID Card

Secara umum, ID Card memiliki banyak sekali fungsi. Namun, fungsi utama dari kartu ini adalah sebagai tanda pengenal yang mewakili diri kita di hadapan orang lain. Begitupun sebaliknya, dengan adanya ID Card, kita bisa mengenali nama, jabatan, dan hal lain yang terkait identitas orang tanpa harus bertanya kepadanya.

Terkait dengan ukurannya, ternyata organisasi standar internasional atau international standart organization telah memberikan beberapa patokan baku terkait ukuran standar ID Card yang berlaku secara global. Ukuran ID Card tersebut meliputi 4 jenis ukuran di antaranya ukuran ID Card – 000, ukuran ID Card – 1, ukuran ID Card – 2, dan ukuran ID Card – 3. Masing-masing ukuran ID card tersebut memiliki standar ketebalan sebesar 0,762 mm atau 0,03 inch dan ukuran panjang dan lebar yang besarnya dapat Anda lihat ilustrasinya pada gambar di atas.

Ukuran ID Card - 000 adalah 15 x 25 mm
Ukuran ID Card - 1 adalah 85.60 mm x 53.98 mm
Ukuran ID Card - 2 adalah 105 × 74 mm
Ukuran ID Card - 3 adalah 125 × 88 mm

1. Ukuran ID Card – 000

Ukuran ID Card – 000 sering juga disebut ukuran ID Card – 4 atau ukuran CR80. Ukuran ini merupakan ukuran ID Card terkecil dalam standar ISO, yakni memiliki dimensi 15 x 25 mm atau 1,5 x 2,5 cm dengan ciri khas salah satu sudutnya yang terpotong 3 mm. Ukuran ini digunakan sebagai patokan pembuatan chip, kartu seluler, dan identitas berbasis data digital lainnya. Sebagai contoh ukuran ID card jenis ini Anda dapat melihat ukuran kartu SIM di perangkat Handphone Anda.

2. Ukuran ID Card – 1

Ukuran ID Card -1 merupakan ukuran yang paling sering digunakan sebagai standar ukuran kartu identitas. Ukuran ini digunakan sebagai patokan pembuatan kartu KTP, Kartu Surat Izin Mengemudi (SIM), Kartu BPJS, Kartu ATM, kartu pers, kartu kredit, kartu debit, ID Card organisasi, perusahaan, kartu nama, kartu mahasiswa, dan lain sebagainya. Dimensi untuk ukuran ID Card ini adalah 85.60 mm x 53.98 mm atau 8,56 cm x 5,39 cm. Jika tak percaya, cobalah ukur panjang dan lebar kartu KTP Anda. [Baca Juga : Ukuran KTP dalam cm]

Ukuran Standar ID Card

3. Ukuran ID Card – 2

Ukuran ID Card – 2 hanya populer digunakan di beberapa negara saja, bahkan belakangan standar ukuran ini mulai ditinggalkan karena terbilang kurang praktis dari segi penyimpanannya. Contoh penggunaan ukuran ID Card yang berdimensi 105 × 74 mm atau 10,5 × 7,4 cm ini adalah Kartu Tanda Penduduk bagi warga Jerman, Kroasia, dan Luxemburg.

4. Ukuran ID Card – 3

Dan yang terakhir adalah ukuran ID Card – 3. Ukuran ini digunakan sebagai patokan atau standar untuk ukuran visa dan paspor di berbagai negara. dimensinya adalah 125 × 88 mm atau 12,5 × 8,8 cm sehingga cukup besar dan tidak bisa disimpan dalam dompet berukuran sedang.

Cara Membuat Ukuran ID Card di Photoshop

Ada kalanya kita ingin membuat sebuah desain ID Card dengan menggunakan aplikasi olah gambar photoshop. Untuk itu, agar dapat benar-benar serius dalam pengerjaannya, alangkah lebih baik bila kita menggunakan standar ukuran ID Card yang berlaku secara internasional seperti yang telah dijabarkan di atas. Namun, bila Anda masih belum tahu bagaimana cara mengatur ukuran ID Card di Photoshop, berikut ini kami telah sajikan langkah-langkahnya untuk bisa Anda ikuti.
  1. Tahap pertama, bukalah aplikasi photoshop di komputer Anda. Anda bisa gunakan photoshop versi berapapun.
  2. Jika sudah, buatlah lembar kerja baru dengan menekan CTRL + N atau cara lambatnya dengan memilih File, kemudian New di bilah menu bagian atas.
  3. Pada jendela yang baru terbuka, aturlah pilihan Width dan Height agar sesuai dengan ukuran panjang dan lebar ID card yang hendak dibuat. 
  4. Tekan OK dan sebuah lembar ukuran ID card siap digunakan. Anda tinggal mendesain atau men-drag foto yang hendak dicetak ke dalam lembar kerja tersebut.

Nah, demikianlah beberapa standar ukuran ID Card dan jenis-jenisnya yang berlaku secara internasional (ISO). Dengan dilengkapi panduan cara membuat ukuran ID Card di photoshop, kami harap Anda dapat mendesain kartu identitas untuk organisasi atau perusahaan Anda sendiri sesuai dengan standar ukuran yang berlaku. Semoga bermanfaat dan mohon di share. Salam!

Sumber:Ahli ID Card

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ukuran ID Card : 4 Standar dalam ISO dan Contoh Templatenya di Photoshop"

Post a Comment

DUKUNGAN TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari semua perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan mendapatkan sambutan yang luar biasa dan dukungan yang spontan dari segenap penjuru tanah air. Dinding-dinding rumah dan bangunan, pagar-pagar tembok, gerbong-gerbong kereta api, dan apa saja, penuh dengan tulisan merah “MERDEKA ATAU MATI.” Juga tulisan “SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.” Maklumat Pemerintah tanggal 31 Agustus 1945 telah menetapkan Pekik Perjuangan “MERDEKA”sebagai salam nasional yang berlaku mulai tanggal 1 September 1945. Caranya dengan mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka, dan bersamaan dengan itu memekikkan “Merdeka”. Pekik “Merdeka” menggema di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.KEPRINEWS.COM-MEDIA AKTUAL DAN TERPERCAYA