Kunjungan Wisman 2017 Meningkat 6,29 Persen(%) Ke-Provinsi Kepri

Tanjung pinang,Keprinews.com-Data Wisman ke kepri yang dihimpum Bps Kepri meningkat tahun 2017,dari keterangan melalui Kepala Kantor BPS (Badan Pusat Statistik) Kepri, Panusunan Siregar, mengatakan, secara kumulatif, jumlah kunjungan Wisman (Wisatawan Mancanegara) ke Provinsi Kepulauan Riau dari Januari-November 2017 mencapai 1.815.978 kunjungan, atau naik 6,29 Persen (%) dibanding jumlah kunjungan Wisman pada periode yang sama tahun sebelumnya yang berjumlah 1.708.500 kunjungan.
Keprinews.com

Kunjungan Wisman secara kumulatif terbesar dari pintu masuk Kota Batam yaitu sebanyak 1.314.417 kunjungan (72,38%), diikuti dari pintu masuk Kabupaten Bintan, Kota Tanjungpinang, dan Kabupaten Karimun,” ungkapnya, di ruang Video Conference, Jalan Ahmad Yani No 21, Tanjungpinang,selasa 2/1/2018.

Namun, lanjutnya, jumlah Wisman yang berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau selama bulan November 2017 tercatat sebanyak 168.113 kunjungan atau mengalami kenaikan 3,92 persen dibanding kunjungan Wisman selama bulan Oktober 2017 yang mencapai 161.770 kunjungan. Kenaikan jumlah kunjungan Wisman selama bulan November 2017 tersebut, sambungnya, disebabkan oleh kenaikan jumlah kunjungan Wisman dari dua pintu masuk yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Kabupaten Karimun dan Kota Batam.

Sedangkan Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang mengalami penurunan. “Jumlah Wisman yang masuk melalui Kabupaten Karimun dan Kota Batam mengalami kenaikan, yaitu berturut-turut sebesar 9,62 persen dan 6,51 persen, sedangkan Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang mengalami penurunan sebesar 4,78 persen dan 0,67 persen dibanding Oktober 2017,” ujarnya.

 Jika dilihat dari jenis kebangsaan, tambah Panusunan, Wisman berkebangsaan Singapura masih merupakan yang terbanyak berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau pada bulan Januari-November 2017, atau hampir dari setengah (49,91 persen) Wisman yang masuk ke Provinsi Kepulauan Riau berkebangsaan Singapura.

Selama bulan Januari-November 2017, Wisman berkebangsaan Singapura tercatat sebanyak 906.319 kunjungan, sedangkan jumlah kunjungan terbanyak kedua adalah Wisman berkebangsaan Malaysia.

“Jumlah kunjungan Wisman berkebangsaan Malaysia adalah sebesar 220.768 kunjungan atau 12,16 persen dari total kunjungan ke Kepulauan Riau selama Januari-November 2017,” katanya. Secara berturut-turut, jumlah kunjungan sepuluh terbanyak selain Wisman berkebangsaan Singapura dan Wisman berkebangsaan Malaysia adalah Wisman berkebangsaan Tiongkok, India, Korea Selatan, Philipina, Jepang, Inggris, Australia, dan Amerika.

Kontribusi dari Wisman 10 negara terbanyak yang mengunjungi Kepulauan Riau adalah sebanyak 86,37 persen dari total seluruh kunjungan Wisman pada bulan Januari-November 2017,” pungkasnya.(red/Nur ihklas )

Subscribe to receive free email updates:

DUKUNGAN TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari semua perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan mendapatkan sambutan yang luar biasa dan dukungan yang spontan dari segenap penjuru tanah air. Dinding-dinding rumah dan bangunan, pagar-pagar tembok, gerbong-gerbong kereta api, dan apa saja, penuh dengan tulisan merah “MERDEKA ATAU MATI.” Juga tulisan “SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.” Maklumat Pemerintah tanggal 31 Agustus 1945 telah menetapkan Pekik Perjuangan “MERDEKA”sebagai salam nasional yang berlaku mulai tanggal 1 September 1945. Caranya dengan mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka, dan bersamaan dengan itu memekikkan “Merdeka”. Pekik “Merdeka” menggema di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.KEPRINEWS.COM-MEDIA AKTUAL DAN TERPERCAYA