Redaksi Dan Pemasaran No Hp. 0813-6402-3369 Keprinews.com--Lengkap & Aktual

FUNGSI HUTAN BAGI LINGKUNGAN HIDUP KHUSUS DI KEPRI

FUNGSI HUTAN BAGI LINGKUNGAN HIDUP KHUSUS DI KEPRI
KEPRI NEWS - Hutan merupakan paru-paru dunia yang harus dijaga keberadaannya. Hutan memiliki banyak fungsi yang sangat penting bagi keseimbangan ekosistem makhluk hidup. Di dalam hutan terdapat varian pohon yang memiliki kaitan erat dengan hutan.

Ditinjau dari keadaan hutan Kepulauan Riau khususnya daerah Kota Batam yang setiap tahunnya semakin kritis dikarenakan berbagai factor, baik dari luar maupun dari dalam. Sebagian besar kerusakan hutan diakibatkan oleh perilaku manusia yang menebang pohon secara liar tanpa melakukan reboisasi. 

Ekstensifikasi ke arah pantai menyebabkan kawasan mangrove sepanjang tepian pantai dan tambak berfungsi sebagai penahan gelombang air dan angin serta aliran air laut menghilang, sehingga menimbulkan abrasi dan rob (banjir air laut ke arah daratan) yang mengalir deras ke daratan. Akibatnya sebagian tambak sepanjang pinggir pantai I kepulauan Riau ini hilang, salinitas tambak meningkat.

Produktivitas lahan menurun dan berdampak pada penurunan pendapatan Nelayan bahkan hilangnya pendapatan menyebabkan kesejahteraan menurun.Pohon Magrove berperan penting dalam ekologi laut dan lingkungan pantai,mencegah pengikisan garis pantai. Pada garis pantai dan daratan, Hutan Magrove diantaranya bermanfaat sebagai pelindung terhadap gelombang dan angin, penahan intrusi air laut dan penahan lumpur serta perangkapsedimen juga salah satu penyedia H2O OXYGEN untuk di hirup semua mahluk hidup.

TUJUAN hutan bagi kita khususnya di kepri 
  1. Membantu upaya pelestarian lingkungan dan perlindungan daerah pesisir pantai di Provinsi Kepulauan Riau.
  2. Untuk memperbaiki kondisi lingkungan sekitar.
  3. Untuk menjaga kelestarian alam Kepulauan Riau terutam hutan. 
  4. Untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat Kepulauan Riau akan pentingnya menjaga hutan dan isinya. 
  5. Guna Penyediaan OXYGEN demi kebutuhan mahluk hidup
MANFAAT HUTAN
a. Mencegah banjir dan tanah longsor.
b. Menambah pasokan air bersih.
c. Mengurangi efek global warming.
d. Melestarikan keanekaragaman pohon.
e. Sebagai Motivator semangat untuk melestarikan lingkungan.

HASIL YANG DIHARAPKAN 
  1. Terciptanya suatu kegiatan yang bisa mendukung upaya pelestarian lingkungan dan perlindungan daerah pesisir pantai di Kepulauan Riau melalui kegiatan ini.
  2. Masyarakat sadar dan partisipasi secara aktif dalam mendukung program Pemerintah yang berhubungan dengan perlindungan dan pelestarian lingkungan sekitar.
  3. Tumbuhnya semengat kerelawanan di kalangan masyarakat yang nantinya akan berdampak positif pada perlindungan dan pelestarian warisan budaya dunia ...(.HMS)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FUNGSI HUTAN BAGI LINGKUNGAN HIDUP KHUSUS DI KEPRI"

Post a Comment

DUKUNGAN TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari semua perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan mendapatkan sambutan yang luar biasa dan dukungan yang spontan dari segenap penjuru tanah air. Dinding-dinding rumah dan bangunan, pagar-pagar tembok, gerbong-gerbong kereta api, dan apa saja, penuh dengan tulisan merah “MERDEKA ATAU MATI.” Juga tulisan “SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.” Maklumat Pemerintah tanggal 31 Agustus 1945 telah menetapkan Pekik Perjuangan “MERDEKA”sebagai salam nasional yang berlaku mulai tanggal 1 September 1945. Caranya dengan mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka, dan bersamaan dengan itu memekikkan “Merdeka”. Pekik “Merdeka” menggema di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.KEPRINEWS.COM-MEDIA AKTUAL DAN TERPERCAYA