Redaksi Dan Pemasaran No Hp. 0813-6402-3369 Keprinews.com--Lengkap & Aktual

94 Objek Wisata Kabupaten Lingga



94 Objek Wisata Kabupaten Lingga
ada 94 Objek Wisata di Kabupaten Lingga
Kepri News.com,Lingga-Objek Wisata Kabupaten Lingga - Pusat Studi Pariwisata Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pernah diundang untuk memetakan dan menganalisis potensi objek wisata. Hasilnya, potensi yang ada di Kabupaten Lingga boleh dibilang luar biasa. Bukan apa-apa, ternyata Lingga memiliki sekitar 94 objek wisata yang bisa dikembangkan, baik di darat maupun di laut. Dari jumlah itu, sekitar 59 tempat merupakan lokasi wisata bahari yang berpotensi untuk dikembangkan. Di kawasan pantai misalnya, setidaknya ada 24 objek wisata yang menawan. Di antaranya, Pulau Berhala, Pantai Pasir Pandak di Desa Mepar, Pasir Panjang Karang Bersulam (Desa Mepar), Teluk Empuk (Desa Kerandin), Serum dan Kerandin (Desa Kerandin). Lalu, di Desa Kelumu ada empat pantai yang elok, yakni Penarik, Mentanak, Teluk Adab, dan Tanjung Ular.

Sementara itu, di Desa Sekanah ada dua pantai yang masih asri, yakni Sekanah dan Lundang. Sedangkan Pulau Senayang punya tiga objek pantai yang cukup memikat. Diantaranya seperti : Benan, Belakang, dan Laboh. Dabo Singkep diperkirakan minimal memiliki 6 objek pantai yang siap memanjakan pelancong, yakni Pantai Batu Berdaun, Pantai Indah Sergang Laut, Pantai Nusantara, Pantai Cemara, Pantai Tanjung Jodoh, Pantai Tanjung Sawang (Penat), dan Serang.

Selain itu, tak jauh dari Daik Lingga, tepatnya di sebelah tenggara kota itu, terdapat kawasan pantai dengan balutan pasir putih yang aduhai cantiknya. Pantai tersebut masih asri dan relatif belum tersentuh berbagai kepentingan. Saking alaminya, di pantai itu belum ada sarana pendukung bagi kegiatan wisata. Jangankan penginapan dan rumah makan, sekadar untuk bilas air dan WC saja belum tersedia. Begitu juga dengan tempat parkir, masih terkesan apa adanya. Walaupun demikian, pengunjung masih tetap bisa berkomunikasi melalui telepon seluler (ponsel). Menurut M Eko Rudianto dalam bukunya "Lingga Warna-warni Bahari Negeri Bunda Tanah Melayu (2008)", pantai tersebut hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal. Sedangkan turis mancanegara belum ada yang singgah ke sana.

Di sisi lain, sepinya pemanfaatan tersebut justru memudahkan pengelola untuk mengembangkan potensi tersebut. Dengan demikian, pengelola bisa lebih mudah mengatur penataan lingkungan secara terpadu dan komprehensif. Berdasarkan studi Coremap (Coral Reef Rehabilitation and Management Program) II pada tahun 2008, Lingga memiliki berbagai objek wisata taman laut yang andal. Di antaranya, Pulau Burung, Pulau Hantu, Benan, Pulau Belading, Pulau Buaya, Sekeling, Berjung, dan Pulau Telur. Sayangnya, semua potensi menawan itu masih sangat sulit dijangkau. Akses antarwilayah masih sulit ditembus akibat minimnya sarana transportasi, baik darat, laut, maupun udara.

Ke depan, ketika berbagai sarana penunjang wisata sudah komplet, kawasan tersebut bisa menjadi idola bagi turis dari berbagai negara. Apalagi lokasi-lokasi Objek Wisata yang ada di Kabupaten Lingga berdekatan dengan Batam dan Singapura

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "94 Objek Wisata Kabupaten Lingga "

Post a Comment

DUKUNGAN TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari semua perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan mendapatkan sambutan yang luar biasa dan dukungan yang spontan dari segenap penjuru tanah air. Dinding-dinding rumah dan bangunan, pagar-pagar tembok, gerbong-gerbong kereta api, dan apa saja, penuh dengan tulisan merah “MERDEKA ATAU MATI.” Juga tulisan “SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.” Maklumat Pemerintah tanggal 31 Agustus 1945 telah menetapkan Pekik Perjuangan “MERDEKA”sebagai salam nasional yang berlaku mulai tanggal 1 September 1945. Caranya dengan mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka, dan bersamaan dengan itu memekikkan “Merdeka”. Pekik “Merdeka” menggema di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.KEPRINEWS.COM-MEDIA AKTUAL DAN TERPERCAYA