Pemerintah Kabupaten Natuna Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Keprinews.com, Natuna - Pemerintah Daerah Natuna terima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Penghargaan diterima oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Selasa (28/9) di ruang kantor bupati Natuna.

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Terkait hal ini, Wan Siswandi menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang telah menginisiasi penyelenggaraan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) ini.

"Sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah," ungkap Wan Siswandi.

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Saat ini, kata Wan Siswandi, Pemda Natuna telah berkomitmen melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sesuai dengan amanat presiden no 9 tahun 2000 yang merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

Ini semua merupakan bentuk keberhasilan kabupaten Natuna dalam mengimplementasikan 7 prasyarat PUG sebagai strategi pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 

"Sehingga pada pelaksanaanya, Kabupaten Natuna mengangkat critical issue dalam program PUG," terangnya.

Diantaranya meningkatkan pemahaman sumber daya manusia (SDM) dan kapasitas lembaga berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran yang berperspektif gender. Serta mengawal kesepakatan pemerintah daerah dalam hal urgensi dan pentingnya (melaksanakan) strategi PUG untuk meningkatkan kesetaraan laki-laki dan perempuan.

“Alhamdulillah, Kabupaten Natuna telah menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Utama tahun 2021. Semoga upaya kita menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memiliki potensi diberbagai bidang pembangunan bisa terwujud dan Penghargaan ini harus dipertahankan dan di tingkatkan, kami harus menjadi lebih baik lagi, terima kasih kepada stakeholder terkait yang telah berperan aktif dalam pencapaian penghargaan ini,” ujar Bupati Wan Siswandi.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Natuna, Sri Riawati mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berkomitmen dan mendukung pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di kabupaten/kota,nantinya diharapkan akan benar-benar mampu menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memang benar-benar memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan.

“Dengan diterimanya penghargaan APE kategori Utama semakin meningkatkan motivasi kerja kami terutama pokja PUG. 

Dan kami akan mengadvokasi lembaga masyarakat, dunia usaha dan media untuk berpartisipasi dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sehingga APE di tahun mendatang bisa kami peroleh dengan kategori utama sesuai target di dalam RPJMD tahun 2021 sampai tahun 2026," tutupnya. (Ilham)

Subscribe to receive free email updates:

DUKUNGAN TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari semua perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan mendapatkan sambutan yang luar biasa dan dukungan yang spontan dari segenap penjuru tanah air. Dinding-dinding rumah dan bangunan, pagar-pagar tembok, gerbong-gerbong kereta api, dan apa saja, penuh dengan tulisan merah “MERDEKA ATAU MATI.” Juga tulisan “SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.” Maklumat Pemerintah tanggal 31 Agustus 1945 telah menetapkan Pekik Perjuangan “MERDEKA”sebagai salam nasional yang berlaku mulai tanggal 1 September 1945. Caranya dengan mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka, dan bersamaan dengan itu memekikkan “Merdeka”. Pekik “Merdeka” menggema di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.KEPRINEWS.COM-MEDIA AKTUAL DAN TERPERCAYA